Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

MUDAH, Cara Flash TV LED Sharp Aquos (Semua Tipe)

Tidak jarang ada kerusakan TV yang masalahnya ada pada perangkat lunak (software), berbicara mengenai masalah seperti ini kami akan membahas bagaimana cara Flash tv led Sharp dengan menggunakan USB dan firmware yang sesuai dengan tipe.

Update Firmaware adalah memperbarui sistem yang sudah ditanam di dalam IC Memori Televisi, nah biasanya kerusakan seperti sering terjadi pada tv led Sharp, tv led Samsung, Toshiba, LG dan Polytron, tidak menutup kemungkinan TV merk lain juga bisa mengalami kerusakan seperti ini.

Memang masih banyak yang belum mengetahui penyebab kenapa bisa rusak dan harus di perbarui Firmawarenya dengan yang baru dan pastinya cocok untuk tipe tv led Sharp yang Anda miliki.

Sebenarnya sudah banyak sekali yang menyediakan kumpulan firmaware update berbagai jenis merek tv dan tipe yang berbeda beda.

Yang harus Anda ketahui sebelum melakukan Flashing Firmaware tv adalah pastikan Anda sudah menyedialan Firmware yang cocok dengan tipe tv yang ingin di update, karena jika tidak sesuai biasanya proses Flashing tidak akan berhasil.

Banyak kasus gagal Update Firmaware karena kesalahan saat mendownload file updatenya, banyak yang mengira misalkan firmware tv sharp aquos tipe 500, bisa digunakan untuk tipe 600. Ternyata tidak bisa, walaupun merknya sama-sama sharp Aquos akan tetapi jika tipenya berbeda tetap saja proses flash tv Sharp tidak akan berhasil.

Banyak yang mencari tempat download firmware tv led sharp baik yang 24inch, 32inch dan yang lainnya, seperti yang kami katakan sebelumnya, bahwa sudah banyak situs yang menyediakan berbagai jenis Firmaware update tv dan Anda bisa mencari yang cocok dengan tv led yang Anda miliki, tetapi jika tidak ada, berarti Anda harus mencari persamaannya yang benar-benar cocok.

Adapun berbagai cara untuk flash tv led dan lcd dan tentunya berbeda beda, ada yang menggunakan alat flash khusus untuk tv led dan lcd, bentuknya sama seperti USB namun sudah diisi file untuk updatenya, sedangkan ada cara manual yaitu menggunakan Cardreader ataupun Flashdisk yang sebelumnya sudah di isi firmware tertentu.


Berbagi pengalaman sedikit, Kami dulu pernah memperbaiki tv led Sharp Aquos 24 inch yang mengalami kerusakan dengan tanda tanda layar blank hitam, lampu backlight tidak menyala namun lampu standby berwarna biru, biasanya ini disebabkan karena kerusakan software ( perangkat lunak ) yang harus diupdate dengan yang baru, Admin coba untuk flash tv led sharp menggunakan Flasdisk dan akhirnya tv kembali hidup normal lagi sampai sekarang masih bertahan.

Cara Flash TV LED Sharp Aquos


cara flash tv sharp

Admin akan memberikan langkah langkah termudah yaitu dengan memanfaatkan Flashdisk ataupun SDcard yang dimasukan kedalam cardreader. Untuk langkah langkahnya tidak sulit kok, Anda hanya perlu membaca dan menyimak baik baik agar tutorial ini berhasil Anda coba, sudah penasaran? Yuk langsung ke langkahnya :


  • Pertama pastikan Anda sudah mendownload file update firmaware yang sesuai dengan tipe tv led sharp Aquos Anda. Janhan sampai salah tipe karena jika salah maka tidak akan berhasil, untuk melihat tipe televisi, biasanya ada dibelakang.

Untuk kumpulan firmware TV Sharp dan Merek Lainnya klik tulisan ini Download Firmware TV.


  • Jika firmware sudah terdownload, maka langkah selanjutnya adalah Ekstrak Firmaware tersebut dan jangan disimpan didalam folder, tetapi harus diluar folder. ( Menggunakan Flashdisk atau Cardreader )
  • Langkah ketiga adalah cabut tv dari listrik, masukan flashdisk kedalam port usb yang ada ditv dan biasanya ada dibelakang.
  • Jika sudah maka tekan tahan tombol power tv led sharp Anda ( sambil mencolokkan kabel tv ke listrik )
  • Nah jangan lepas tombol power sampai layar menyala dan melakukan proses Update Firmware.

Cara Flash TV Led Sharp
Junisalman.com


  • Selama proses update maka dilarang untuk mencabut kabel, pokonya diemin aja sampai selesai, sebentar kok nggak sampai 5 menit.
  • Coba cabut dan colokkan kabelnya kembali, jika tv menyala maka proses flashing firmware sudah berhasil.

Gimana gan? Sangat mudah bukan?

Tidak semua orang berhasil mengikuti cara diatas, bukan karena cara itu tidak work tetapi memang karena beberapa penyebab flash tv led sharp aquos gagal, kenapa sebabnya dan bagaimana caranya? Tenang saja, Admin akan memberitahu penyebab flash tv led gagal dibawah ini:

Penyebab Flash Firmware TV LED Sharp Gagal


Ada beberapa penyebab kegagalan upgrade firmware, kegagalan yang dimaksud adalah pada saat ditekan tombol power layar tidak menyala dan tetap blank warna hitam...

1. Kesalahan Firmaware Update


Seperti yang admin katakan, pastikan Anda mendownload firmaware yang benar benar cocok untuk tipe tv led sharp yang nantinya akan diflashing, jika Anda menggunakan firmware merek sharp tetapi tipenya berbeda maka tidak akan berhasil, kenapa? Ya karna tidak cocok dan akhirnya tv tidak menerima firmware tersebut. Jadi pastikan benar benar cocok ya kawan.

2. Flashdisk Tidak Terbaca


Flashdisk tidak terbaca bisa disebabkan oleh beberapa hal, seperti sudah berkarat di besinya, atau memang flashdisk sudah rusak, maka tidak akan bisa membaca dan mentransfer firmware update ke tv led yang akan diflashing. Pastikan Anda sudah mengecek keadaan flashdisk terlebih dahulu.

3. Port USB TV Sharp Longgar


Port USB longgar juga bisa menjadi penyebab kenapa flash firmaware tv led sharp gagal, karena jika kendor kemungkinan besar flashdisk menjadi tidak bisa terkoneksi dengan tv, nah pastikan tidak kendor dan pastikan portusb masih bagus tidak berkarat atau tidak ada kotoran yang terselit didalam lubangnya.

4. Kerusakan Hardware


Jika memang gagal terus, maka bisa jadi yang rusak bukanlah softwarenya tetapi sudah menyerang hardware ( perangkat keras ) bisa jadi IC Memori rusak atau komponen yang lainnya, biasnya sih kebanyakan rusak di sofrwarenya bukan dihardwarenya.

Namun Hardware yang menyebabkan gagal update firmware TV adalah karena IC Memory nya yang bermasalah, sehingga firmware yang dimasukan melalui Flashdisk tidak akan diterima dengan baik dan sering kali terjadi gagal saat proses sedang berlangsung.
Demikianlah artikel singkat mengenai cara flash tv led sharp aquos untuk semua tipe, kesimpulannya, hanya dengan firmware dan flashdisk, Anda sudah bisa mencoba sendiri dirumah. Jika Anda menyimak langkah diatas yang sudah kami berikan pasti tidak akan ada kesalahan, sekali lagi kami tekankan, pastikan Anda menggunakan Firmware yang sesuai dengan tipenya, terimakasih.
Tengku Khamzah Fauzi
Tengku Khamzah Fauzi I'm passionate about Tech, Electronics, How-to-Guides, and I'm thrilled to have you here.
Gabung Forum Teknisi Indonesia Sekarang! Klik Tombol "Gabung" untuk saling berbagi pengalaman dengan Teknisi Indonesia.