Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

11 Cara Memperbaiki TV Tidak Ada Suara Paling Ampuh

Kerusakan TV tidak ada suara namun gambar normal biasa terjadi hampir pada semua model televisi, baik itu LED, LCD maupun tabung. Untuk memperbaiki suara TV yang tiba-tiba hilang umumnya cukup mudah, tetapi pada kasus tertentu Anda perlu membutuhkan lebih banyak waktu untuk mengetahui penyebabnya.

Ini bisa terjadi karena ada komponen yang bermasalah, baik pada speaker itu sendiri atau bahkan IC audio yang perlu diganti. Tetapi, selain kedua penyebab umum tadi, masih banyak faktor lain yang dapat menyebabkan suara TV menjadi hilang. Berikut penyebab dan cara mengembalikan suara TV yang hilang:



Penyebab Suara TV Hilang Tapi Gambar Normal


tv tidak ada suara

Ada beberapa penyebab yang harus Anda ketahui untuk memperbaiki TV tidak ada suara tapi gambar normal. Diantaranya adalah sebagai berikut:

1. Fitur Mute Aktif


Pada remote TV terdapat satu tombol yang berfungsi untuk menurunkan volume suara hingga 0 (nol), yaitu adalah tombol Mute.

Terkadang tombol ini tidak sengaja terkenan dan secara otomatis suara TV menjadi hilang namun gambar tetap normal.

2. Speaker TV Rusak


Pada beberapa kasus di TV LED dan tabung seringkali ditemukan kerusakan pada speaker TV, baik itu kabelnya konektornya yang putus atau kabel lilitan didalam speaker tersebut.

Sebenarnya kerusakan pada speaker TV jarang terjadi, namun bukan tidak mungkin jika speaker sebenarnya sudah rusak dan menjadi penyebab utama TV tidak keluar suara.

3. Blok Audio Bermasalah


Pada blok ini terdapat beberapa komponen, diantaranya IC audio dan komponen kecil disekitarnya. Bisa jadi IC audio rusak, retak atau kaki-kaki ICnya tidak lagi merekat dengan sempurna.

Selain itu, tidak jarang ditemukan masalah jalur audio yang putus setelah dilakukan pengukuran menggunakan multitester.


Cara Memperbaiki TV Tidak Ada Suara


Setelah memahami 3 penyebab diatas, sekarang saatnya untuk memperbaiki kerusakan tersebut dengan mengikuti langkah berikut:

1. Pastikan Mode Mute Tidak Aktif


Ada banyak tombol yang bisa ditemukan pada remote TV, ada salah satu tombol yang berfungsi untuk menghilangkan suara, yaitu tombol "Mute". Jika tombol ini tidak sengaja tertekan, secara otomatis suara TV akan hilang.

Selain itu, tanda jika tombol ini aktif adalah akan terlihat ikon speaker silang suara tv hilang dipojok bawah layar TV. Untuk menonaktifkannya cukup mudah, Anda hanya perlu menekan tombol mute atau volume + pada remote TV.

2. Pindah Channel Lain


TV tidak ada suara tapi ada gambar tidak selalu disebabkan karena ada komponen yang rusak. Tetapi masalah ini bisa jadi karena channel yang Anda tonton memang sedang gangguan.

Terkadang terjadi masalah pada beberapa siaran TV yang menyebabkan suaranya hilang. Untuk memastikannya, Anda bisa pindah ke channel lain, apakah ada suaranya atau tidak.

3. Periksa Jack Audio TV


Sebelum melangkah lebih jauh, ada baiknya untuk memeriksa jack audio atau headphone di TV Anda. Sebagian besar TV LED sekarang sudah dilengkapi dengan jack ini.

Jika headset, headphone atau apapun masih dicolokkan ke jack audio maka secara otomatis TV tidak keluar suara. Lalu dimana letak jack audio?

Letak jack audio berbeda-beda tergantung merk dan model TV Anda. Tetapi biasanya ada dibagian belakang atau samping TV. Jadi pastikan tidak ada perangkat apapun yang masih dicolokkan ke jack audio.

4. Cek Pengaturan Input Audio TV


Jika cara diatas belum ada yang berhasil untuk mengembalikan suara TV yang hilang, sekarang saatnya untuk memeriksa pengaturan input audio TV Anda.

Singkatnya input audio digunakan untuk mengirimkan audio ke perangkat TV Anda. Jika pengaturan input audio tidak diatur dengan benar, maka akan menyebabkan masalah audio pada TV Anda. Termasuk TV tidak ada suara.

Salah satu penyebab kenapa pengaturan input audio bisa berubah adalah karena salah menekan tombol diremot. Misalnya jika Anda salah menekan tombol [AUX] maka secara otomatis TV akan masuk mode AUX yang berarti harus ada yang dihubungkan ke port AUX agar TV bisa keluar suara.

Setiap merk TV memiliki cara yang berbeda untuk menyesuaikan pengaturan input audio. Sebagai contoh, kami menggunakan TV TCL Roku untuk menyesuaikan pengaturan input audio sebagai berikut:
  • Pastikan TV sudah menyala.
  • Tekan tombol [Home] diremot TV.
  • Buka Settings > Audio.
  • Tekan tombol panah kanan pada remot lalu pilih [Audio Mode].
  • Tekan tombol panah kanan sekali lagi, lalu pilih otomatis [Stereo].

Jika Anda pengguna TV Samsung, cobalah ikuti langkah-langkah dibawah ini untuk tes suara dan memastikan apakah pengaturan input audio sudah benar atau belum:
  • Buka [Pengaturan] lalu pilih "Dukungan".
  • Pilih opsi [Diagnosis Mandiri > Mulai Tes Suara.
  • Secara otomatis hasil diagnosis suara akan muncul dilayar TV.

Selain itu, Anda juga bisa mereset pengaturan input audio TV Samsung seperti semula dengan mengikuti tutorial berikut:
  • Buka [Settings] lalu pilih [Sound].
  • Setelah itu pilih opsi [Expert Settings].
  • Terakhir, pilih [Reset Sound] untuk mereset pengaturan suara.

5. Hidupkan Ulang TV


Sebelum melangkah jauh, disarankan untuk mencabut kabel colokan TV beberapa menit, kemudian hidupkan kembali. Tips sepele ini terkadang berhasil pada beberapa tipe TV, khususnya pada TV LED atau yang sudah dilengkapi dengan sistem reboot.

Jika masih belum berhasil, Anda perlu mencoba untuk mematikan TV beberapa jam dengan tujuan agar mesin dan semua komponennya tidak terlalu panas karena sudah digunakan dalam waktu yang cukup lama.

6. Cek Kondisi Speaker


Speaker pada TV bekerja dengan cara mengubah gelombang elektronik menjadi getaran yang akhirnya dapat menghasilkan suara pada TV itu sendiri. Sebenarnya speaker jarang sekali rusak, apalagi pada TV yang menggunakan dua speaker.

Namun Anda tidak boleh melawati ini saat melakukan pengecekan. Speaker TV yang rusak bisa disebabkan karena volume yang terlalu tinggi atau sering menggunakan ampli dengan daya yang terllau besar. 

Disarankan untuk mengukur setiap speaker dengan multitester untuk mengetahui apakah kondisinya masih bagus atau justru speaker tersebut sudah putus (rusak).

BACA JUGA: Cara Membuka TV yang Terkunci untuk Semua Merk

7. Update Software TV


TV tidak ada suara juga bisa disebabkan karena ada malfungsi pada softwarenya. Mungkin saja Anda sudah lama tidak memperbarui software TV sehingga mulai bermunculan bug-bug yang menyebabkan suara TV hilang.

Biasanya Smart TV LED akan mendapatkan pembaruan software secara berkala. Pembaruan ini bisa saja untuk memperbaiki bug yang ada pada versi sebelumnya ataupun untuk menambahkan fitur-fitur baru.

Oleh karena itu, Anda harus memeriksa apakah sudah tersedia software terbaru atau belum. Setiap model TV memiliki cara berbeda untuk cek pembaruan software. Untuk pengguna TV Samsung bisa ikuti langkah-langkah berikut:
  • Pastikan TV sudah menyala.
  • Hubungkan Smart TV Samsung ke internet.
  • Tekan tombol [Menu] pada remote TV.
  • Pilih opsi [Dukungan].
  • Cari dan pilih opsi [Pembaruan Perangkat Lunak].
  • Terakhir pilih [Perbarui Sekarang] dan tunggu proses update software TV sampai selesai.

8. Reset Pengaturan Suara (TV LED)


tv tidak ada suara

Pada beberapa merk TV LED sudah dilengkapi dengan menu yang memungkinkan Anda untuk mereset pengaturan suara menjadi versi pabrik. Ini bisa menjadi dicoba sebagai cara mengembalikan suara TV yang hilang.

Menu ini ada pada opsi "Suara" dan Anda bisa membukanya menggunakan remote. Setelah reset selesai, maka pengaturan suara seperti equalizer, keseimbangan suara, auto volume, audio delay dan sound feedback perlu disesuaikan ulang.

9. Factory Reset TV


Mereset TV ke pengaturan pabrik berarti akan mengembalikan semua pengaturan TV Anda seperti pertama kali TV dinyalakan. Dalam beberapa kasus, factory reset TV bisa memperbaiki TV tidak ada suara.

Seperti halnya melakukan update software, cara factory reset TV juga mungkin berbeda-beda tergantung pada merk dan model TV yang digunakan. Tetapi secara umum, Anda dapat melakukan factory reset TV dengan langkah berikut:
  • Buka [Pengaturan] TV Anda.
  • Cari dan pilih opsi [Reset Ulang atau Factory Reset].
  • Pilih opsi tersebut, masukan PIN jika diminta. (PIN default TV adalah 0000)
  • Tunggu hingga proses reset TV ke pengaturan pabrik sampai selesai.

10. Periksa Tegangan Jalur Audio


TV tidak ada suara juga bisa disebabkan karena jalur tegangan IC audio putus. Jalur ini perlu diperiksa karena berfungsi untuk memasok tegangan ke audio.

Pada umumnya tegangan IC audio yang masih dalam keadaan normal berkisar antara 12-15 volt arus DC, jadi jika kurang dari itu kemungkinan besar kerusakan ada pada IC Audio. Cara ini bisa dicoba pada TV tabung dan LED.

11. Solder Ulang Kaki IC Audio


Sering terjadi kasus kaki IC audio yang retak dan timahnya tidak melekat lagi, khususnya pada TV tabung keluaran lama. Tanda bahwa ada kaki audio yang longgar adalah suara TV terkadang ada dan hilang setiap kali TV digoyangkan.

Hal ini bisa terjadi karena kaki IC audio tersebut korosi akibat PCB yang lembab dan sudah lama tidak dibersihkan. Anda bisa mencoba untuk membersihkan kaki-kaki IC audio terlebih dahulu menggunakan sikat dan sedikit cairan tiner.

Setelah itu, barulah untuk menyolder ulang setiap setiap kaki IC audio yang terlihat retak. Namun sebelum itu pastikan mata solder sudah dibersihkan terlebih dahulu.

Cobalah untuk menyalakan televisi, apakah suara sudah normal atau masih belum ada? Jika memang suara TV belum keluar, Anda juga harus memeriksa kondisi IC kontrol dengan cara mengurutkan dan menyentuh bagian input IC kontrol untuk mengetahui letak kaki input dari IC audio.

Caranya dengan mengurutkan mulai dari soket input. Jika ada respon ke IC audio berarti IC kontrol tersebut masih dalam keadaan normal.

Anda juga bisa memeriksa kondisi kaki IC kontrol dan segera melakukan penyolderan ulang pada bagian kaki IC kontrol jika terlihat ada kaki IC yang retak dan kurang timah. Seperti pada IC audio, jangan lupa untuk membersihkannya terlebih dahulu dengan sikat dan tiner.

Tips Menjaga Speaker TV Agar Tidak Mudah Rusak


Selain cara mengembalikan suara TV yang hilang. Ada tips tambahan nih yang mungkin bermanfaat sekali untuk Anda, yaitu cara agar suara speaker awet dan tetap jernih Anda bisa merawatnya dengan memperhatikan hal berikut ini:
  • Jangan mendekatkan speaker dengan magnet.
  • Bersihkan lubang speaker dari debu menggunakan lap basah atau kering.
  • Atur tingkat volume sesuai kebutuhan dan jangan terlalu full.
  • Pastikan tidak ada air yang masuk kedalam lubang speaker.


Itulah cara memperbaiki TV tidak ada suara beserta penyebabnya. Langkah-langkah diatas bisa dicoba untuk semua merk TV LED, LCD maupun tabung, termasuk Samsung, Polytron, Sharp dan lainnya. Kami harap artikel ini dapat membantu Anda untuk mengembalikan suara TV yang hilang.
Tengku Khamzah Fauzi
Tengku Khamzah Fauzi I'm passionate about Tech, Electronics, How-to-Guides, and I'm thrilled to have you here.
Gabung Forum Teknisi Indonesia Sekarang! Klik Tombol "Gabung" untuk saling berbagi pengalaman dengan Teknisi Indonesia.