Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Cara Memasukan Kode Remote TV Universal Semua Merk

Dengan adanya remote universal serbaguna sekarang tidak perlu khawatir lagi apabila remot TV bawaan rusak atau hilang, Anda tetap bisa mengontrol televisi selama sudah setting remot TV dengan cara memasukan kode remote TV universal yang sesuai dengan merk TV Anda.

Cara ini bisa diterapkan untuk semua merk remote universal seperti Chunghop, Chunghe atau Joker yang cocok hampir untuk semua model TV tabung, LED, LCD dan Smart TV. Namun sebelum lanjut ke pembahasan utama, pastikan Anda memperhatikan beberapa hal berikut:
  • Sudah memasang baterai ke remote TV universal
  • Memastikan remote berfungsi dengan baik agar bisa terhubung ke televisi.

Setelah dipastikan baterai sudah terpasang dan remote TV masih berfungsi dengan baik, sekarang saatnya untuk setting kode remote TV. Pada artikel ini, kami akan memberikan 3 cara memasukan kode remote untuk semua merk TV, termasuk Sharp, Polytron, Samsung, Panasonic dan lain-lain.


Cara Memasukan Kode Remote TV Secara Manual


Cara paling mudah untuk setting kode remote TV universal adalah dengan memasukan kode sesuai dengan merk TV yang digunakan. Oleh karena itu, pastikan sudah mencatat kode remote untuk merk dan model TV Anda. Untuk melihat daftar kodenya, Anda bisa membaca artikel tentang "kumpulan kode remote TV universal".

Setelah menemukan kode yang sesuai, langsung saja ikuti langkah dibawah ini untuk memasukan kode tersebut ke remote universal:

1. Pertama, nyalakan televisi Anda.
2. Tekan dan tahan tombol [SET] pada remote TV beberapa detik sampai lampu indikator warna merah menyala.
3. Atau, tahan tombol [SET] sambil menekan tombol [Power] sampai lampu indikator warna merah menyala.

cara memasukan kode remote tv

4. Setelah itu, masukan kode remot sesuai merk TV Anda. Biasanya terdiri dari 3-5 digit angka.
5. Secara otomatis lampu indikator pada remote akan mati setelah Anda selesai memasukan kode remote TV.
6. Namun jika tidak, Anda perlu menekan tombol [Power] agar lampu indikator remote mati.

Cara Memasukan Kode Remote TV Secara Otomatis


Pencarian kode otomatis bisa dicoba jika tidak menemukan kode remote yang sesuai untuk merk TV Anda. Dengan menggunakan metode ini, secara otomatis remote universal akan mencari daftar kode yang paling cocok dengan TV yang ingin dihubungkan.

Silakan ikuti langkah-langkah dibawah ini untuk mengaturnya:

1. Pertama, nyalakan televisi Anda.
2. Tekan dan tahan tombol [SET] pada remote TV beberapa detik sampai lampu indikator warna merah menyala.
3. Atau, tahan tombol [SET] sambil menekan tombol [Power] dan tunggu sampai lampu indikator warna merah menyala.
4. Arahkan remote ke TV lalu tekan tombol [Vol + / Vol -] pada remote sampai TV merespon.

cara memasukan kode remote tv

5. Jika ada respon seperti volume yang naik atau turun sendiri, berarti remote berhasil terhubung.
6. Tekan tombol [Power] untuk menghentikan pencarian kode otomatis.

Cara Setting Remote TV Universal dengan IR Learning


cara setting kode remote tv universal

Pernahkah Anda mendengar remote yang dilengkapi dengan teknologi IR learning? Ini merupakan fitur canggih yang ada pada beberapa merk remote universal yang berfungsi untuk mengkloning fungsi dari remote TV bawaan. Jadi Anda tidak perlu lagi memasukan kode remote.

Sebelum mengikuti tutorial dibawah ini, pastikan remote universal yang Anda gunakan memang sudah mendukung IR learning. Salah satu merk smart remote yang dilengkapi dengan fitur ini adalah Chunghop.
  1. Tekan tombol [TV] pada smart remote.
  2. Kemudian, aktifkan mode [Learning] pada smart remote. Jika tidak ada tombol Learning di remote, Anda bisa membaca buku panduan untuk mengetahui tombol mana yang bisa menjalankan fungsi ini. Karena tidak semua remote universal mendukung opsi ini.
  3. Setelah itu, hadapkan remote TV bawaan dengan smart remote IR learning (seperti gambar diatas). Lalu tekan setiap tombol pada remote bawaan, seperti Volume, Channel, Setting, dll.
  4. Secara otomatis remote IR learning akan mengkloning fungsi dari remote bawaan tersebut.
  5. Terakhir, coba hubungkan remote IR learning ke TV Anda. Jika ada respon, berarti cara ini berhasil.

Metode ini memang lebih rumit dibandingkan yang sebelumnya, namun IR Learning sangat memudahkan Anda jika tidak ada satupun kode remote yang cocok. Jika tidak berhasil, Anda harus mengulangi langkah diatas dengan lebih teliti lagi.

Catatan: Gambar-gambar diatas hanyalah ilustrasi, jadi mungkin ada sedikit perbedaan pada posisi tombol atau tampilan dengan remote universal Anda.

Kenapa Remote TV Universal Tidak Berfungsi?


Perlu diketahui, tutorial diatas memang tidak selalu berhasil, oleh karena itu, Anda perlu mencatat beberapa poin berikut:
  • Tidak semua remote universal mendukung semua merk TV.
  • Remote TV universal bukan sepenuhnya pengganti dari remote TV bawaan. Karena terkadang hanya ada beberapa tombol saja yang berfungsi. Seperti volume, channel, pengaturan atau mode. Sedangkan yang lainnya tidak.
  • Setiap remote universal dilengkapi kapasitas memori yang berbeda. Jadi sangat disarankan untuk membeli remote universal berkualitas baik yang dapat menyimpan banyak data & kode remote.

Mungkin itulah alasannya kenapa remote TV universal Anda tidak merespon sama sekali atau hanya beberapa tombol saja yang berfungsi. Kesimpulannya, untuk memasukan kode remote TV bisa dilakukan dengan banyak cara dan tentunya harus menggunakan remote multifungsi.
Tengku Khamzah Fauzi
Tengku Khamzah Fauzi I'm passionate about Tech, Electronics, How-to-Guides, and I'm thrilled to have you here.
Gabung Forum Teknisi Indonesia Sekarang! Klik Tombol "Gabung" untuk saling berbagi pengalaman dengan Teknisi Indonesia.