Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Cara Menghitung Nilai Resistor Lengkap dengan Tabel Warna

Ketika Anda ingin mempelajari elektronik termasuk cara menghitung nilai resistor tentunya Anda harus membaca ulasan dari berbagai sumber terpercaya, selain resistor masih ada banyak lagi komponen elektronik yang memerlukan rumus untuk menghitungnya.

Pernahkah Anda melihat gelang warna pada resistor? gelang yang warna warni tersebut bukan hanya sekedar hiasan saja, akan tetapi setiap warnanya memiliki nilai yang berbeda beda, seperti kuning, hijau, merah, cokelat, hitam ungu, abu-abu, emas, perak dan masih banyak yang lainnya.

Banyak jenis dari rangkaian elektronik ini, Anda juga pasti pernah menemukan resistor untuk lampu LED bukan? atau pada rangkaian elektronik lainnya? ketika kita ingin menggantinya terlebih dahulu harus mengetahui berapa nilainya agar cocok dengan yang awal, Anda juga bisa menyesuaikan warnanya jika belum terlalu hafal.


Pengertian Resistor


Menurut Wikipedia, resistor adalah komponen elektronika yang dirangkai dengan dua pin dan desain yang berfungsi untuk mengatur tegangan listrik pada setiap komponen yang dipasangnya, resistor juga dilengkapi dengan nilai warna yang menentukan ukuran nilai yang berpengaruh pada tegangan yang dihasilkan.

Resistor memiliki karakteristik yang khas, yaitu daya listrik yang dapat dihantarkan dan juga resistansinya. Selain itu resistor juga memiliki beberapa kontruksi diantaranya adalah Film Logam, Film Karbon dan Komposisi Karbon yang masing-masing memiliki definisi yang berbeda beda, kami rasa Anda sudah paham pengertian umum dari komponen elektronika ini, sekarang kita lanjut ke topik utama.

Anda bisa dengan mudah mengetahui nilai resistor yang terdiri dari berbagai warna berbeda. Alat yang bisa digunakan untuk mengukur nilai warna resistor adalah multitester digital atau analog, pada artikel ini kami akan pandu langkah-langkah menghitung dan mengukur resistor yang benar.

Cara Menghitung Nilai Resistor



Yang harus Anda ketahui, ada yang terdiri dari 4 gelang warna dan juga dari 5 gelang warna, untuk cara perhitungannya sedikit berbeda, tapi Anda akan kami pandu sampai bisa, tutorial artikel ini dibuat dengan melihat dari berbagai sumber yang berbeda beda.

Untuk langkah yang pertama kami akan menjelaskan bagaimana langkah untuk mengetahui nilai setiap warna dan akan disertai tabel agar Anda dapat dengan mudah memahaminya.

cara menghitung nilai resistor

Lihat juga: Persamaan Transistor C945 Lengkap dengan Fungsinya

Diatas adalah tabel warna beserta nilai yang bisa Anda hafal, atau Anda juga bisa menyimpan gambar diatas agar suatu saat nanti bisa melihat kembali.

Untuk contoh pertama, misalnya Anda memiliki resistor dengan gelang warna ada 4, yaitu cokelat -hitam - hijau - emas , jika dilihat dari tabel warna diatas maka nilai pada setiap warna tersebut adalah:

  • Cokelat = 1
  • Hitam = 0
  • Hijau = 5
  • Emas = 5%

Untuk menghitungnya Anda perlu mengetahui rumus dasar, khusus untuk yang memiliki 4 gelang warna, bisa hitung dengan rumus sebagai berikut:

Rumus Menghitung Resistor 4 Warna


Jika dilihat dari contoh diatas tadi, kita bisa menjabarkannya:

Cokelat = memiliki nilai 1
Hitam = memiliki nilai nol (0)
Hijau = memiliki nilai 5
Emas = 10% atau sering disebut toleransi.

Berarti rumusnya adalah: 

Nilai cokelat + nilai hitam = 10 X nilai warna hijau (untuk nilai warna hijau atau warna urutan ketiga Anda harus mengkalikan dengan angka 10 atau menambahkan angka nol dibelakang warna kedua)

Penyelesain:

Jadi 10 x 10­ pangkat 5 = 1.000.000 Ohm atau 1 MOhm dengan toleransi angka 10%

Saya sudah paham bagian ini, lalu bagaimana cara menghitung nilai toleransi? jika dilihat dari tabel warna yang memiliki nilai toleransi atau % adalah emas, perak dan tidak berwarna (lihat kembali tabel warna diatas)

Untuk mengetahui nilai OHm pada setiap resistor maka terlebih dahulu harus mengetahui rumus menghitung toleransi. berikut rumus singkatnya:

1.500 OHM Dengan nilai toleransi 5% maka:

  • 1.500 - 5% = 1.390
  • 1.500 + 5% = 1.610


Jumlah akhir diatas menunjukan bahwa resistor tersebut memiliki nilai antara 1.390 - 1.610 Ohm, mudah bukan?

Rumus Menghitung Resistor 5 Warna


Langkah yang kedua ini mungkin sedikit rumis, karena kita akan mencoba menghitung resistor yang terdiri dari 5 gelang warna, itu artinya rumus dan jumlah akhir pasti akan lebih besar, jadi untuk itu Anda harus benar benar menyimak langkah-langkah yang sudah kami buat dibawah ini:


Contoh perhitungan:

Ada resistor yang terdiri dari 5 gelang warna, diantaranya adalah Cokelat - Hitam - Hijau - Hijau - Perak untuk mengetahui nilai OHm atau MOhm nya adalah dengan cara:

Penyelesain:

Diketahui, ada sebuah resistor yang terdiri dari 5 gelang warna diantaranya adalah cokelat, hitam, hijau, hijau dan perak, tentukan nilai Ohm dan MOHm beserta nilai toleransinya.

Rumusnya adalah tidak jauh beda dengan yang 4 warna, yaitu:

  • Cokelat = 1
  • Hitam = 0
  • Hijau = 5
  • Hijau = 5
  • Perak = 10% (toleransi)

105 x 10 pangkat 5 = 10.500.000 atau 10,5 MOHm dan nilai toleransinya adalah 10%.

Jadi kesimpulannya Anda harus hafal terlebih dahulu nilai setiap warna, diatas kami sudah menyediakan tabelnya, jadi Anda bisa menyimpan dan sewaktu waktu bisa melihatnya kembali, untuk mengetahui nilai warna resistor sebenarnya sangat mudah.

Bagaimana dengan langkah-langkah yang sudah kami buat diatas, apakah mudah dipahami?

For your information, ada beberapa jenis resistor yang perlu diketahui, ada yang menggunakan berbagai warna untuk menentukan nilai dan ada juga yang langsung angka, jenis ini dinamakan resistor angka.

Untuk cara perhitungannya juga kami rasa lebih mudah dan tidak terlalu rumit karena Anda tidak perlu menghafal warna sekaligus jumlah nilainya.

Akhir Kata


Cukup sekian artikel yang bisa kami bagikan untuk Anda pada kesempatan kali ini, jika cara menghitung nilai resistor diatas masih kurang jelas, bisa langsung ditanyakan pada kolom komentar atau menghubungi kami via email, jika ada waktu luang pasti akan segera kami respon pertanyaan Anda. Semoga bermanfaat.
Tengku Khamzah Fauzi
Tengku Khamzah Fauzi I'm passionate about Tech, Electronics, How-to-Guides, and I'm thrilled to have you here.
Gabung Forum Teknisi Indonesia Sekarang! Klik Tombol "Gabung" untuk saling berbagi pengalaman dengan Teknisi Indonesia.