Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Jenis Kerusakan TV Polytron LCD, LED dan Tabung Terlengkap

Mengetahui penyebab dan jenis kerusakan TV Polytron LCD, LED atau tabung bisa memudahkan Anda ketika ingin memperbaiki TV Polytron yang rusak. Dalam artikel ini kami akan membahas beberapa kerusakan yang sering terjadi pada TV Polytron beserta cara memperbaikinya.

Masalah yang sering terjadi pada TV Polytron bisa dikatakan cukup bervariasi, setiap kerusakan disebabkan oleh banyak faktor dengan cara perbaikan yang berbeda-beda. Misalnya jenis kerusakan TV Polytron LCD, LED dan tabung memiliki cara penanganan berbeda, berikut pembahasan lengkapnya:

Jenis Kerusakan TV Polytron dan Cara Memperbaikinya


kerusakan tv polytron

1. Kerusakan TV Polytron Tabung Slim 21" Gambar Melebar


Jenis kerusakan pada TV Polytron yang pertama adalah gambarnya melebar, maksud melebar disini bisa ke arah horizontal ataupun vertikal. Sebenarnya kerusakan ini tidak terlalu parah dan masih tergolong mudah untuk diperbaiki, jika Anda menemukan kasus seperti ini, bisa langsung mengikuti langkah dibawah:

Cara Memperbaiki:

Setelah diperiksa beberapa lama, ternyata jenis kerusakan ini disebabkan karena masalah pada elco ukuran kecil disekitar horizontal, tetapi sebelum itu Anda harus mengecek tegangan B+ yang terletak pada FBT JF0501-19587 yang tegangan normalnya adalah 115volt, jika kurang dari itu atau tidak ada tegangan sama sekali Anda bisa mencopot dan mencoba mengganti dengan yang lain, apabila masih tidak ada perubahan bisa langsung mengecek komponen lainnya.

Selain itu juga Anda harus mencurigai komponen kapasitor bagian horizontal yang letaknya masih berdekatakan dengan FBT, seperti kasus yang sering terjadi, jika kapasitor rusak biasanya akan merusak transistor horizontal juga, yang harus Anda ketahui, kapasitor dibagi menjadi dua bagian jika dilihat dari cara kerjanya.

Yang pertama rangkaian kapasitor out yang memiliki tegangan lebih rendah sekitar 250-450 Volt, yang kedua kapasitor input yang memiliki tegangan tinggi yaitu berkisar 1600-2000 volt yang berhubungan dengan kolektor pada transistor horizontal, jadi jangan lupa untuk mengecek kapasitor apakah ada kerusakan atau tidak.

Solusi yang selanjutnya, Anda bisa mengecek pada bagian elco kecil yang letaknya dekat dengan tranasistor horizontal atau sekitar horizontal, Anda bisa mengecek elco sekitaran itu dan langsung ganti jika sudah menemukan kerusakannya.

2. Kerusakan TV Polytron Tabung Slim 21" Mati Total (Suara Denging)


Banyak sekali yang menerima kasus tv mati total, sebelumnya kami sudah membahas bagaimana cara memperbaiki TV mati total, disana diberikan solusi lengkapnya, jadi Anda bisa membaca artikel yang sebelumnya sudah kami buat, tetapi tetap akan diberikan solusinya juga disini karena kasusnya sedikit berbeda, disertai dengan suara denging.

Baca Juga: Cara Memperbaiki TV Mati Total Dan Mengenal Penyebabnya

Cara Memperbaiki:


Jika Anda menemukan jenis kerusakan tv polytron yang mati dan mengeluarkan suara berdenging itu berarti power supplay menerima beban yang berat, dan yang yang membebani power supplay itu biasanya adalah komponen IC power vertikal atau Transistor power horizontal yang bisa jadi salah satunya mengalami kerusakan.

Tips agar Anda bisa dengan mudah mengetahui bagian mana yang rusak, bisa mencoba matikan mencopot transistor power horizontal lalu menghidupkannya kembali, jika sekarang posisi standby berubah menjadi normal dan tv masih keadaan mati, bisa jadi transistor power horizontal tersebut rusak, Anda bisa mencoba untuk menggantinya.

Selanjutnya, kalau sekarang poisisnya tetap di standby coba Anda matikan dan pasang kembali transistor yang tadi dilepas, lalu Anda coba untuk melepas bagian IC power vertikal , jika tv posisi standby menjadi normal (kemungkinan ada garis terang horizontal pada layar tv) bisa dipastikan IC tersebut rusak dan Anda perlu menggantinya.

Kerusakan ini juga bisa disebabkan karena masalah pada Flyback B+ yang short dengan ground, solusinya Anda harus mengganti flyback tersebut sesuai dengan tipe, jangan sampai menggantinya dengan tipen yang berbeda.

3. Memperbaiki TV Polytron MX1458 Menyala Sebentar & Mati Lagi


Sebenarnya, jenis kerusakan TV Polytron yang hidup sebentar lalu mati lagi itu biasa disebut dengan istilah Protect yang artinya tv terkunci, jika Anda menemukan kasus kerusakan seperti ini bisa langsung diperbaiki dengan memeriksa beberapa komponen yaitu:

Cara Memperbaiki:


Penyebab umum kenapa TV Polytron bisa terproteksi adalah karena ada kerusakan pada beberapa komponen diantaranya adalah driver horizontal, flyback, suara dan tunner serta pada IC Vertikal, tetapi yang sering ditemukan adalah karena kerusakan IC vertikal yang disebabkan karena menerunnya kualitas elco pendukung pada rangkaian ic vertikal, tidak jarang ic vertikalnya rusak sekaligus tahanan dari flyback.

Anda harus harus menonaktifkan sistem proteksi tersebut jika ingin memperbaiki tv polytron protect, contoh kerusakan ada pada ic vertikal, Anda tidak bisa memotong atau menjumper jalur untuk menghilangkan proteksi apalagi melepas IC vertikal, karena tegangan pada pin protect didapatkan dari frekuensi vertikal.

Untuk memperbaikinya Anda juga bisa mengganti elco protect dari vertikal, Anda harus mencari jalur protect, dari IC akan ada elco 1uf dan 10uf dan mencoba untuk menggantinya, terutama 1UF ganti dengan 10UF dibagian vertikal, semoga berhasil.

4. Memperbaiki TV Polytron LED Gambar Gelap Suara Normal


Jika Anda menemukan kerusakan seperti ini yaitu gambar tidak ada namun suara normal pada umumnya disebabkan karena beberapa hal yaitu kerusakan IC dekat modul Tcon, lampu backlight short atau mati dan juga bisa karena masalah software yang mengharuskan Anda untuk flash firmware tv tersebut.

Kami sudah membahas bagaimana cara mengatasi tv gambar gelap suara normal yang disebabkan karena masalah yang sudah saya sebutkan tadi, langsung saja baca artikelnya dibawah ini:

Baca Juga: Cara Memperbaiki TV LED Gambar Gelap Suara Normal

5. Kerusakan TV Polytron LCD Tidak ada Siaran


Selanjutnya, pernahkah Anda mengalami masalah TV tidak bisa menangkap siaran atau sering ada peringatan dengan tulisan "tidak ada sinyal" ? jika iya Anda harus membaca bagaimana cara memperbaikinya, penyebabnya bervariasi, bisa karena channel yang hilang dan harus di cari ulang, atau karena kerusakan hardware, Anda bisa membaca artikel sebelumnya dengan judul:

Baca juga: Cara Mencari Chanel TV Yang Hilang

Cara Memperbaiki:


Anda harus melakukan pengecekan tegangan pada bagian tunner, jika normal maka Anda bisa melakukan penggantian pada tunner, jika hasilnya nihil coba untuk mengganti  IC CFnya.

Anda juga harus memeriksa tegangan B+ yang masuk ke tunner, jika diukur dengan multittester, biasanya tegangan akan menunjukan angka sekitar 12Volt, selain itu periksa juga tegangan pada arus AGC pada tunner dan pastikan angkanya naik dari 0 sampai kurang lebih 3.3 volt.

Baca juga:

Diatas sudah kami jelaskan 5 jenis kerusakan tv polytron yang sering terjadi serta bagaimana cara memperbaikinya, jika ada waktu luang kami akan terus memperbarui artikel ini dan menambah daftar kerusakan lainnya yang mungkin belum Anda temukan disini, jika ada pertanyaan bisa langsung diajukan dikolom komentar.
Tengku Khamzah Fauzi
Tengku Khamzah Fauzi I'm passionate about Tech, Electronics, How-to-Guides, and I'm thrilled to have you here.
Gabung Forum Teknisi Indonesia Sekarang! Klik Tombol "Gabung" untuk saling berbagi pengalaman dengan Teknisi Indonesia.