Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Kode Remote TV Polytron LED dan Tabung Terlengkap 2024

Ketika remote bawaan TV Polytron Anda hilang atau rusak, remote universal serbaguna seperti Joker dan Chunghop bisa menjadi solusi praktis. Caranya mudah, Anda hanya perlu memasukan kode remot TV Polytron LED, LCD atau tabung sesuai model yang dimiliki.

Walaupun tidak semua merk TV bisa menggunakan remot universal, tetapi untungnya Polytron termasuk salah satu merk TV yang didukung remote universal dengan syarat Anda harus tahu cara setting kode remot Polytron terlebih dahulu sebelum memasukan kode tersebut ke remote universal.

Jika ingin mencoba remote multifungsi untuk TV Polytron, Anda perlu mengetahui model TV yang digunakan, apakah itu TV Polytron LED, LCD atau tabung, karena setiap model TV Polytron memiliki kode remote yang berbeda. Anda bisa melihat daftar kode remot TV Polytron tabung dan LED beserta cara settingnya sebagai berikut:


Kumpulan Kode Remot TV Polytron Universal Terlengkap

kode remot tv polytron

Dibawah ini kumpulan kode TV Polytron tabung dan LED terlengkap yang bisa dicoba untuk remote universal:

1. TV Polytron LED dan LCD


Untuk TV Polytron LED dan LCD, gunakan salah satu dari kode remot berikut: 024, 151, 017, 253, 043, 120, 150, 053, 152, atau 147. Coba satu per satu hingga menemukan yang sesuai dengan model TV Polytron Anda.

2. TV Polytron Tabung (CRT)


Untuk TV Polytron model tabung, terdapat beberapa pilihan kode remot, seperti 147, 151, 017, 253, 043, 120, 150, 053, 152, dan 024. 

Tidak semua kode diatas cocok untuk tipe TV Polytron tabung, oleh karena itu Anda perlu mencoba masing-masing kode remotnya sampai benar-benar menemukan yang sesuai dengan mengikuti tutorial berikut:


Cara Memasukan Kode Remot TV Polytron Universal


kode remot tv polytron

1. Cara Setting Remot TV Universal Manual


Setelah mencatat kode remot TV Polytron di atas, langkah selanjutnya adalah memasukkan kode tersebut ke remote universal. Berikut adalah panduan mudah dan jelas untuk setting remote TV universal secara manual:
  1. Tekan & tahan tombol [SET] pada remote TV sampai lampu indikator merah menyala.
  2. Pada saat lampu menyala, masukan 3 digit kode TV Polytron yang sudah Anda catat sebelumnya.
  3. Setelah itu, arahkan remote ke televisi, lalu coba tekan salah satu tombol pada remote.
  4. Jika merespon, berarti kode yang dimasukan cocok.
  5. Sebaliknya, jika tidak merespon, Anda harus mencoba kode yang lainnya.

Catatan: Jika lampu indikator tidak menyala setelah tombol SET ditekan, coba untuk menahan tombol SET lalu tekan tombol Power sampai lampu indikator warna merah menyala. Lalu masukan kode remote yang sebelumnya sudah dicatat.

2. Cara Setting Remot TV Universal Otomatis


Jika tidak ada satupun dari kode universal TV Polytron yang berhasil, Anda dapat mencoba metode alternatif yang memungkinkan remote universal terhubung ke TV Polytron secara otomatis. Metode ini dapat menjadi solusi jika model TV tidak cocok dengan semua kode diatas:
  1. Tekan & tahan tombol [SET] pada remote TV sampai lampu indikator merah menyala.
  2. Pada saat lampu menyala, arahkan remote ke TV, lalu tekan tombol Vol + atau Vol - pada remote TV.
  3. Jika berhasil, TV akan merespon dan volume akan bertambah atau berkurang sendiri.
  4. Setelah itu, tekan tombol Power untuk mematikan lampu indikator.


Penyebab Kenapa Kode Remot TV Polytron Tidak Berfungsi


kode remot polytron tabung dan led

Ada 3 penyebab yang membuat remot TV Polytron Anda tidak berfungsi walaupun sudah memasukan kode remot TV Polytron, diantaranya adalah:

1. Baterai Remote Lemah atau Habis


Pertama, pastikan baterai yang digunakan masih dalam kondisi baik atau tidak lemah. Karena baterai sangat berpengaruh kepada respon remote ke TV, jika baterai sudah lemah biasanya ditandai dengan remot yang kadang tidak berfungsi.

Coba untuk melepas baterai lama dan menggantinya dengan yang baru. Ini merupakan langkah awal yang perlu Anda coba sebelum memvonis kerusakan yang lebih berat.

2. Kaleng Penghubung Berkarat


Selain baterai, Anda perlu memastikan bahwa tidak ada karat ataupun kotoran pada kaleng didalam kotak baterai yang bisa menyebabkan remot menjadi tidak berfungsi. Bersihkan karat atau korosi yang ada dengan cairan tiner.

3. Kode Remot TV Tidak Sesuai


Diatas terdapat banyak kumpulan kode remot TV Polytron dengan variasi angka yang berbeda-beda. Alasannya karena setiap model TV Polytron memiliki kode remot masing-masing. Jika kode TV Polytron yang Anda masukan tidak cocok, maka remot universal tidak akan berfungsi.

Lalu bagaimana solusinya? Jadi Anda perlu mencoba memasukan beberapa kode remot TV Polytron diatas sampai menemukan kode yang benar-benar cocok untuk model TV Polytron Anda. Biasanya semua tombol remot akan berfungsi normal jika kode remotnya sudah sesuai.

4. Kerusakan Pada Remot TV


Kerusakan pada remote TV memang cukup sulit diperbaiki. Jika remote TV Anda rusak dan tidak berfungsi sama sekali, disarankan untuk tidak memperbaikinya, tetapi membeli remote yang baru. Baik itu remote TV Polytron original ataupun universal.

Untuk mengetahui apakah remote masih berfungsi atau tidak, Anda bisa menggunakan kamera ponsel untuk melihat cahaya yang keluar dari sensor ketika salah satu tombol remote ditekan. 

Tetapi jika tidak ada cahaya yang tertangkap kamera ketika salah satu tombol remot ditekan, kemungkinan remot tersebut sudah rusak.

Perbedaan Remot TV Polytron Universal & Non Universal


Ada beberapa TV Polytron yang sudah dilengkapi dengan remote universal dan ada juga yang bukan (non universal). Untuk mengetahui apakah remote TV Polytron Anda adalah remote universal bisa dilakukan dengan mudah.

Periksalah apakah ada tombol "Set" atau "Mode"? Jika ada, berarti itu adalah remote universal, karena kedua tombol tersebut berfungsi untuk menyimpan kode TV Polytron atau merk TV lainnya.

Selain itu, remote Polytron universal ditandai dengan adanya lampu LED yang berfungsi sebagai indikator dan akan menyala ketika salah satu tombol ditekan atau pada saat masuk mode setup.

Kesimpulan


Kesimpulannya, kumpulan kode remot TV Polytron tabung dan LED diatas bisa Anda setting ke remote universal. Setiap variasi kode TV Polytron diatas mungkin tidak selalu cocok untuk model TV Polytron Anda, jadi disarankan untuk mencoba beberapa kode remot diatas sampai menemukan yang paling sesuai.
Tengku Khamzah Fauzi
Tengku Khamzah Fauzi I'm passionate about Tech, Electronics, How-to-Guides, and I'm thrilled to have you here.
Gabung Forum Teknisi Indonesia Sekarang! Klik Tombol "Gabung" untuk saling berbagi pengalaman dengan Teknisi Indonesia.