Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Cara Memperbaiki Kipas Angin & Kerusakannya

Tidak sedikit orang yang belum paham mengenai cara memperbaiki Kipas Angin, memang pada kenyataannya tidak semudah seperti yang para teknisi lakukan, karena untuk mengetahui kerusakan Kipas Angin dan memperbaikinya dibutuhkan kemampuan khusus dalam bidang elektronik, akan tetapi sebenarnya mudah jika Anda membaca artikel ini sampai selesai.

Kipas Angin masih menjadi salah satu barang elektronik yang memiliki peran penting, walaupun sudah ada pendingin yang lebih modern yaitu AC, tetap saja masih banyak yang menganggap bahwa kipas angin menjadi salah satu barang elektronik yang wajib ada, oleh karena itu jika rusak tidak dapat berputar atau mati total mungkin ini menjadi masalah serius.


Bagi Anda yang sudah terbiasa menggunakan kipas angin, tetapi ada masalah baik itu putarannya lambat, berdengung atau mati total pasti tidak akan betah dan ingin segera memperbaikinya, untuk itu kami akan memberikan tutorial lengkap dibawah ini:

Cara Memperbaiki Kipas Angin


cara memperbaiki kipas angin

Ada beberapa kerusakan umum yang sering terjadi pada kipas angin, kami akan membahas penyebab dan cara memperbaikinya, agar Anda lebih mudah paham maka harus menyimaknya baik baik.

1. Cara Memperbaiki Kipas Angin Mati Total


Kerusakan pertama ini sering sekali terjadi, ntah kenapa ketika kita sedang asik menggunakan kipas angin karena cuaca diluar sedang panas, tiba tiba kipas angin mati dan tidak berputar, kira kira apa yang menyebabkan masalah ini terjadi?

Kami sudah sering mengatasi kerusakan kipas angin seperti ini, beberapa penyebab yang bisa membuat kipas angin menjadi tidak berputar adalah sebagai berikut:

  • Kabel putus sehingga dinamo tidak mendapatkan tegangan.
  • Kerusakan pada saklar
  • Kerusakan komponen kapasitor didekat dinamo.

Dari ketiga penyebab diatas, sesuai pengalaman kami, yang sering terjadiu adalah karena komponen kapasitor yang rusak sehingga dinamo tidak bisa berputar, bagi Anda yang belum mengetahui fungsi komponen ini bisa langsung membaca artikel yang sebelumnya sudah kami buat berikut:

Baca juga: Fungsi Kapasitor Pada Kipas Angin

Kabel Putus


Pertama bisa jadi karena masalah kabel yang putus sehingga kipas angin mati total, Anda bisa mengecek permasalahan ini dengan memanfaatkan alat elektronika yaitu multitester, jika Anda sudah paham bisa langsung mengeceknya sekarang, tetapi bagi Anda yang masih belajar, bisa membaca artikel dibawah ini:

Baca juga: Cara Menggunakan Multitester

Kerusakan Saklar


Tidak jauh berbeda, kerusakan yang kedua ini juga bisa Anda ketahui menggunakan multitester baik itu analog ataupun digital, jadi ini bisa menjadi salah satu penyebab kenapa kipas angin Anda rusak, biasanya karena terlalu sering dinyalakan dan dimatikan sehingga saklar mudah rusak.

Kerusakan Kapasitor


Ini adalah kerusakan yang sering kami temukan dan tergolong mudah untuk diperbaiki, pada umumnya kapasitor pada kipas angin terletak dekat dengan dinamo dan dibungkus plastik keras, jadi sebelum mengeceknya Anda harus membuka bungkusan tersebut terlebih dahulu, untuk cara mengukur dan mengecek apakah masih dalam keadaan normal atau tidak, Anda bisa langsung membaca artikel sebelumnya mengenai cara menggunakan multitester.

2. Cara Memperbaiki Kipas Angin Putarannya Lambat


Pernahkan Anda merasakan putaran kipas angin semakin hari semakin melambat? tentunya jika hal ini terjadi berarti tingkat angin yang dihasilkan akan berkurang dan menjadi tidak maksimal, tentunya Anda harus segera memperbaiki kerusakan seperti ini.

Pada umumnya penyebab kenapa putaran menjadi lambat adalah biasanya bukan karena kerusakan pada komponen didalamnya, tetapi hanya karena ada kotoran pada dinamo yang menyebabkan putaran melambat karena terhalang oleh kototan, bisa juga karena sudah lama tidak dibersihkan sehingga banyak debu yang masuk kebagian dinamo.

Tips mudah mengatasi masalah ini adalah dengan membersihkan debu disekitar dinamo, namun terlebih dahulu Anda harus membuka baling-baling kipas, lalu bisa mengoleskan bensin, oli, atau minyak agar putaran tidak lambat lagi.

Tetapi jika hal tersebut sudah dilakukan dan debu dipastikan sudah bersih namun tetap masih berputar lambat, berarti komponen kapasitor yang sudah lemah dan harus Anda ganti dengan ukuran yang sama, atau yang lebih tinggi lagi, tetapi jika Anda mengganti menggunakan ukuran yang lebih tinggi, kipas angin akan mudah rusak tetapi putaran menjadi lebih cepat.

3. Cara Memperbaiki Kipas Angin Berdengung


Bukan mati total, masih hidup tetapi hanya mengeluarkan suara dengung dan sedikit getaran saja, dari pengalaman yang pernah kami alami, masalah seperti ini biasanya disebabkan oleh hal hal berikut ini:

  • As Motor Kotor
  • Gear Box Swing Rusak
  • Kapasitor Nonpolar Rusak

Tetapi Anda bisa terlebih dahulu mengecek apakah ada kotoran pada as motor atau tidak, jika memang Ada harus dibersihkan terlebih dahulu lalu dioles menggunakan oli agar menjadi licin kembali, tetapi Anda juga harus mengecek keadaan kapasitor jika masih tetap berdengung.


Demikian artikel mengenai cara memperbaiki Kipas Angin, semoga bermanfaat, kesimpulannya adalah ada beberapa kerusakan dan cara memperbaikinya, jangan lupa juga untuk membaca artikel menarik lainnya hanya disini, terimakasih sudah berkunjung...
Tengku Khamzah Fauzi
Tengku Khamzah Fauzi I'm passionate about Tech, Electronics, How-to-Guides, and I'm thrilled to have you here.
Gabung Forum Teknisi Indonesia Sekarang! Klik Tombol "Gabung" untuk saling berbagi pengalaman dengan Teknisi Indonesia.