Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Cara Memperbaiki TV LED Bergaris Vertikal (Mudah)

Pada kesempatan kali ini saya akan membahas cara memperbaiki tv led bergaris vertikal, bagi Anda yang menemukan masalah televisi seperti ini sebenarnya untuk memperbaikinya tidak semudah yang dipikirkan, karena penyebab kerusakan seperti ini pada TV led cukup bervariasi, baik itu panel, mesin, flexibel dan komponen lainnya.

Pada umumnya garis vertikal pada tv led ini cukup sering terjadi, tetapi banyak orang yang langsung memilih untuk mengganti panel yang harganya tidak murah, harga sebuah panel tv led bisa hampir mendekati harga ketika pertama kali Anda membeli Tv tersebut, jadi komponen paling mahal pada sebuah tv led adalah panel, oleh karena itu Anda harus mencoba memperbaiki tv tersebut.

Tetapi tidak jarang penyebab garis vertikal tersebut bukan karena kerusakan pada panel tv (layar) tetapi bisa karena ada komponen lain yang rusak atau hanya ada kabel flexibel yang kurang kencang saja, penyebabnya bisa karena terkena benturan atau memang umur yang sudah cukup lama.

Penyebab TV LED Bergaris Vertikal


Jika ada masalah pasti ada penyebab dan jalan keluarnya juga, sebelum membahas topik utama lebih baik Anda juga memahami sebenarnya faktor atau kerusakan apa yang bisa berdampak pada layar sehingga terdapat garis vertikal yang lumayan mengganggu pandangan ketika Anda ingin menonton TV, penyebab umumnya adalah sebagai berikut:


  • IC COF tidak terhubung dengan baik (longgar dan perlu dipanasi ulang)
  • Kerusakan pada modul Tcon
  • Panel tv rusak dan perlu diganti


Setelah mengetahui beberapa penyebab seperti yang sudah saya sebutkan diatas, sekarang kebali ke pembahasan utama yaitu solusi tv led bergaris vertikal, pada umumnya warna garis dan jumlah garis vertikal tersebut berbeda beda, ada yang hanya sedikit dan juga ada yang banyak, untuk lebih lengkapnya silakan baca pembahasan lengkap dibawah ini:

Cara Memperbaiki TV LED Bergaris Vertikal


Jika pada tv tabung kerusakan seperti ini masih tergolong mudah untuk diperbaiki, karena pada dasarnya jika garis pada layar berbentuk horizontak berarti kerusakan ada pada IC vertikal, namun ketika garis tersebut berbentuk vertikal maka kerusakannya ada pada IC horizontal, berbeda dengan tv led yang lebih sulit untuk mengatasinya, tetapi Anda bisa mencoba langkah-langkah yang sudah saya rangkum dan dikutip dari beberapa sumber terpercaya.

  • Kerusakan Pada IC COF


Penyebab pertama yang harus segera Anda perbaiki adalah karena kerusakan pada IC COF yang letaknya berada pada flexibel yang menyambungkan mesin ke panel tv, ic ini memiliki bentuk cukup panjang dan berwarna hitam, kekurangannya adalah mudah rapuh jadi beberapa penyebab garis vertikal tersebut karena masalah ini.

TV LED Bergaris Vertikal

Gambar diatas adalah contoh dari IC COF, terlihat komponen tersebut posisinya berada pada flexibela yang mengarah pada panel tv led Anda, biasanya ic tersebut longgar bisa karena flexibel pernah terlipat atau efek dari panas yang menyebabkan IC tersebut tidak menempel sempurna dengan jalurnya.

Jadi sebelum Anda memutuskan untuk mengganti panel tv led lebih baik mengecek komponen lainnya. seperti IC COF pada gambar diatas, Anda bisa mencoba untuk memanaskan ulang menggunakan blower ataupun solder yang sudah panas, tetapi pastikan Anda melakukannya dengan hati hati, karena IC ini cukup rapuh, jika ingin dipanaskan menggunakan solder maka jangan terlalu menekannya, yang terpenting menempel dan panas dengan tujuan agar tersambung sempurna dengan jalurnya.

Untuk melihat IC tersebut terlebih dahulu Anda harus membongkar body tv dan Anda akan melihat beberapa flexibel yang mengarah pada setiap komponen, khusus untuk panel biasanya flexibel lebih tebal dan terdapat ic seperti gambar diatas.

Tetapi sebelum memanaskan ulang ic tersebut, jangan lupa untuk mengoleskan sekitar ic menggunakan cairan flux agar panas merata dan mencegah hal yang tidak dinginkan, pastikan Anda melakukannya dengan hati hati, karena komponen ini cukup rapuh dan tentunya mudah rusak jika Anda tidak berhati hati.

  • Memodifikasi Source Tegangan Row


TV Led Bergaris Vertikal

Yang kedua ini kasusnya masih sama, yaitu muncul garis vertikal pada layar yang terkadang menutupi setengah layar atau bahkan lebih, tidak hanya satu garis saja, tetapi banyak kasus justru garis yang ditimbulkan banyak dan hampir menutupi semua layar panel tv led, untuk memperbaikinya Anda harus memodifikasi sedikit tegangan source pada rownya, berikut langkah-langkahnya:

  • Jika garis yang dihasilkan seperti gambar diatas, Anda bisa mencoba tutorial ini.
  • Pertama Anda harus membongkar seluruh bagian yang menutupi panel tv, dan sekaligus memastikan bahwa tidak ada jalur FPC yang short atau terbakar, tanda terbakar bisa beruba warna hitam seperti bekas terbakar, bau dan lain lain.
  • Kemudian And ajuga harus mengecek seluruh tegangan output pada IC power Tcon, pastikan tidak ada tegangan yang kurang dari semua sistem tegangan, jika kurang berarti Anda harus mencari penyebabnya terlebih dahulu.
  • Kasus yang sering terjadi, garis vertikal tersebut biasanya disebabkan karena IC scan friver, semua tegangan normal tetapi ketika diflickernya muncul maka tegangan pada pin 13-22 akan mengalami penurunan.
  • Anda bisa mencoba memutuskan jalur pin out 21 yang menuju panel dan jangan lupa untuk mengukur kembali tegangannya biasanya tegangan tanpa beban ketika tv dihidupkan berkisar antara 21-24 volt.
  • Ada dua kemungkinan kerusakannya, bisa karena memang panel ataupun ic itu yang rusak, jika IC yang rusak maka Anda harus menggantinya, tetapi jika panel mungkin masih bisa diatasi dengan tutorial berikut.
  • Anda isa melakukan jumper antara tegangan out ic power dengan jalur in di panel yang sudah Anda putus, agar aman Anda harus jumper menggunakan Resistor 10 Ohm.

TV Led Bergaris Vertikal

  • Jika gagal biasanya ada jalur FPC yang terbakar, itu berarti kerusakan panel sudah parah dan harus diganti, tetapi jika tidak ada jalur terbakar dan tcon dengan suhu normal, garis vertikal hilang berarti cara ini berhasil.


Artikel Terkait:


Cukup sekian artikel mengenai cara memperbaiki tv led bergaris vertikal, semua langkah diatas bukan murni hasil dari saya sendiri tetapi juga dikutip dari beberapa sumber dengan pembahasan yang sama, dibawah ini saya akan cantumkan sumber referensinya agar Anda juga bisa membacanya, terimakasih sudah berkunjung dan semoga bermanfaat.
Tengku Khamzah Fauzi
Tengku Khamzah Fauzi I'm passionate about Tech, Electronics, How-to-Guides, and I'm thrilled to have you here.
Gabung Forum Teknisi Indonesia Sekarang! Klik Tombol "Gabung" untuk saling berbagi pengalaman dengan Teknisi Indonesia.