Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Cara Reset TV SHARP LED & LCD Dengan Mudah

Sharp adalah salah satu TV yang memiliki pengguna cukup banyak dan mungkin termasuk Anda. Bagi pengguna TV Sharp yang masih belum paham mengenai berbagai fitur yang ada didalamnya termasuk cara reset TV Sharp, pada kesempatan kali ini kami akan membahas hal tersebut dan memberikan langkah-langkahnya.

Pengaturan ulang atau biasanya disebut Factory Reset bukan hanya bisa dilakukan pada smartphone saja, sebenarnya hampir semua TV yang sudah mendukung teknologi layar LED atau LCD termasuk TV Sharp Aquos juga bisa dengan mudah di reset.

Untuk mereset TV Sharp sangatlah mudah, namun mungkin bagi Anda yang belum paham atau masih baru menggunakan TV tersebut pasti hal ini termasuk sulit dan cukup beresiko. Biasanya orang melakukan reset pada TV Sharp karena ada masalah pada sistemnya (software) yang mengharuskan untuk disetel ulang ke pengaturan pabrik.

Berikut ini tutorial lengkap bagaimana cara reset TV Sharp LED dan LCD dengan mudah, kami yakin Anda bisa melakukannya sendiri dirumah, simak baik-baik langkah dibawah ini:

Cara Reset TV SHARP LED & LCD


cara reset tv sharp

Seperti yang kita ketahui bersama pada setiap TV pasti terdapat menu yang bertujuan untuk mengatur TV seperti kualitas gambar, kecerahan, mencari channel dan termasuk untuk pengaturan ulang.

Pada langkah kali ini kami akan melakukan reset melalui menu yang ada yaitu menu bawaan, jadi sebenarnya pihak SHARP sendiri juga sudah mengizinkan penggunanya untuk mengatur ulang TV sendiri tanpa harus pergi ke Service Center.

Cara Reset TV SHARP Melalui Menu


Sebenarnya ada dua metode yang berbeda dan bisa Anda pilih satu diantara keduanya, namun kami menyarankan agar Anda mengikuti metode yang pertama dulu, jika tidak berhasil barulah bisa mencoba metode yang kedua dan tentunya sedikit berbeda.

  • Pertama, siapkan remote bawaan TV Sharp yang masih berfungsi.
  • Kedua, tekan tombol Menu pada remote sambil mengarahkan pada TV.
  • Setelah masuk Menu, silakan cari Setup Submenu dengan cara menekan tombol panah kanan atau kiri pada remote.
  • Ketiga, akan ada menu dengan tulisan "Reset".
  • Selanjutnya arahkan menu pada tulisan "Reset" dan tekan tombol OK atau Enter pada remote TV.

cara reset tv sharp 2

  • Sebelum reset ulang, akan diminta konfirmasi dan Anda harus menekan tombol "YA", lalu jika ada konfirmasi lagi, Anda harus menekan tombol "YA" Lagi.
  • Ketika proses pengaturan pabrik sedang berlangsung, pastikan TV tetap terhubung dengan listrik dan jangan sampai dicabut agar tidak gagal.

Cara Reset TV SHARP Dengan Tombol Panel


Jika cara diatas tidak berhasil Anda bisa mencoba metode yang kedua yaitu dengan menggunakan tombol yang ada pada panel TV dan bukan melalui remote TV, langkah yang kedua ini sedikit berbeda namun tidak ribet.

  • Pertama, tekan tombol Input dan Volume Down (-) pada panel TV lalu cabut colokan listrik.
  • Tunggu beberapa menit setelah TV tidak terhubung dengan listrik, lalu colokan kembali kabel sampai terlihat huruf "K" pada layar TV Sharp Anda.
  • Kemudian tekan tombol Volume Down (-) bersamaan dengan tombol Menu pada panel TV.
  • Setelah muncul Submenu Anda harus Adjust Parameter yang ingin diubah.

Note: Kasus yang sering terjadi jika menggunakan metode ini adalah terjadi kesalahan seperti TV tidak bisa menangkap siaran dan tidak ada signal, namun ini bukan berarti akan terjadi pada TV SHARP Anda.

Kami sudah membahas artikel terkait yang wajib Anda baca dan masih berhubungan dengan TV SHARP yaitu cara setting TV Sharp yang benar dan mudah.

Baca juga:


Demikian artikel mengenai cara reset TV Sharp yang bisa Anda coba dirumah, jangan sampai keliru mengikuti langkah yang sudah kami jelaskan diatas! untuk artikel menarik lainnya bisa ditemukan hanya di JandelaTV. Terimakasih.
Tengku Khamzah Fauzi
Tengku Khamzah Fauzi I'm passionate about Tech, Electronics, How-to-Guides, and I'm thrilled to have you here.
Gabung Forum Teknisi Indonesia Sekarang! Klik Tombol "Gabung" untuk saling berbagi pengalaman dengan Teknisi Indonesia.