Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

TV Sharp Protek - Penyebab dan Solusinya

Kerusakan TV Sharp Protek adalah salah satu kerusakan yang jarang terjadi dan cukup dibilang sulit untuk diperbaikinya, masalah seperti ini seringkali terjadi pada TV merk Sharp yang sampai saat ini masih menjadi TV terbaik dan banyak peminatnya.

Pada umunya masalah protek bisa terjadi karena adalah beberapa solderan yang kurang matang atau sudah retak karena mesin yang sudah terlalu lama tidak dibersihkan, namun selain itu juga masih banyak lagi penyebab tv sharp protek yang memang jarang diketahui.

Sebelumnya kami juga sudah membahas artikel yang tidak jauh beda seperti topik hari ini, yaitu kerusakan TV Sharp, jadi bagi Anda yang ingin mengetahui apa saja masalah yang sering terjadi pada TV Sharp bisa membaca artikel yang sudah kami publikasikan sebelumnya.


Masalah protek juga berbeda-beda, bisa posisi standby (led merah) dan lampu indikator kedap kedip yang menandakan ada masalah pada komponen mesin TV, untuk memperbaiki masalah itu Anda bisa mencoba tutorial yang kami buat kali ini:

Penyebab TV Sharp Protek


tv sharp protek

Pada umumnya kerusakan seperti ini disebabkan karena beberapa hal diantaranya adalah yang sudah kami sebutkan diatas, ada solderan yang kurang matang atau sudah retak sehingga komponen tidak menempel sempurna dengan PCB.

Selain itu juga penyebab lain dari kerusakan protek ini adalah karena program gagal saat membaca memori, tuner tidak terdeteksi dan format signal, internal setting bermasalah karena adanya data service yang tidak sesuai.

Cara Memperbaiki TV Sharp Protek


Untuk memperbaikinya tidak bisa dilakukan dengan satu metode saja, tetapi ada cukup banyak metode yang bisa Anda coba satu persatu sampai masalah protek teratasi, beberapa tutorial dibawah ini kami kutip dari sumber yang berbeda-beda dan tentunya terpercaya.


  1. Protek pada tv sharp biasanya ditandai dengan lampu indikator yang berkedip, ternyata itu adalah kode dari setiap kerusakan yang dialami, misalnya lampu indikator berwarna merah lalu berganti menjadi hijau dan berakhir diwarna kuning kemungkinan kerusakannya ada pada IC memori yang biasanya memiliki jumlah kaki 8 (delapan) PIN.
  2. Selain itu, lampu indikator juga sering kali berwarna merah dan kemudian mati, itu menandakan ada masalah pada IC MICOM dengan tipe yang diawali TD938xxx, namun kemungkinan juga tegangan DC 3.3 volt  pada Regulator hilang, jadi Anda jangan lupa untuk mengeceknya juga.
  3. Anda juga harus melakukan pengecekan pada Flyback jika lampu indikator berwarna hijau kurang lebih sekitar 5-10 detik lalu kembali lagi kewarna merah, jadi pastikan tidak melewatkan pengecekan flyback.


Baca juga:


Kesimpulan


Jadi kesimpulanya untuk kerusakan TV Sharp Protek umumnya disebabkan karena masalah flyback, IC TDA, vertikal dan horizontal, kami menyarankan jangan lupa untuk melakukan pemeriksaan pada komponen tersebut. Selain itu juga Anda bisa memeriksa tegangan  180V DC pada blok RGB, bisa jadi kerusakannya ada pada resistor pembatasnya.
Tengku Khamzah Fauzi
Tengku Khamzah Fauzi I'm passionate about Tech, Electronics, How-to-Guides, and I'm thrilled to have you here.
Gabung Forum Teknisi Indonesia Sekarang! Klik Tombol "Gabung" untuk saling berbagi pengalaman dengan Teknisi Indonesia.