Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Cara Mudah Memperbaiki TV SHARP Mati Total

Pada kesempatan kali ini, kami akan membahas bagaimana cara memperbaiki TV SHARP mati total, kerusakan ini sebenarnya tidak hanya terjadi pada tv sharp saja, merk lainnya pun terkadang memiliki masalah yang sama, hanya saja untuk cara memperbaikinya mungkin sedikit berbeda.

Dari berbagai macam kerusakan tv sharp, salah satunya adalah mati total. Perlu dicatat, mati total yang dimaksud dalam artikel ini bukan karena tersambar petir, karena jika tersambar petir kemungkinan besar banyak komponen yang rusak, dan mengharuskan untuk mengganti mesin TV yang baru.

Sebenarnya cara dibawah ini tidak hanya berlaku untuk TV Sharp saja, namun merk lainnya juga seperti LG, Polytron dan model TV tabung lainnya. Berikut ini penyebab dan cara memperbaiki TV Sharp mati total yang bisa Anda coba sendiri dirumah:

Penyebab TV Sharp Mati Total


cara memperbaiki tv sharp mati total


Kami sudah merangkum masalah yang menyebabkan tv sharp tidak menyala sama sekali (matot), diantaranya adalah:
  • Kerusakan pada elco 450V didekat regulator primer.
  • Resistor start ukuran 22 kilo short.
  • Kerusakan pada resistor jenis NTC.
  • Kaki regulator kurang merekat (harus disolder ulang)

Cara Memperbaiki TV Sharp Mati Total


Agar bisa memperbaiki kerusakan ini, tidak ada salahnya Anda mengetahui masalah umum yang menyebabkan tv tidak mau menyala, jika lampu indikator tidak menyala, Anda bisa melakukan pengukuran pada elco 450V yang letaknya didekat regulator primer, Anda bisa melakukan pengukuran komponen tersebut menggunakan multitester.

Langkah kedua yang bisa dilakukan adalah dengan melakukan pengecekan pada beberapa komponen yang letaknya didekat bagian regulator, khususnya pada komponen resistor start yang memiliki nilai sekitar 22 kilo dan ukuran sekitar 3 watt.

Jika masih bingung mengenai bentuk komponen-komponen penting pada bagian regulator, Anda bisa melihat gambar dibawah ini sebagai contohnya:

tv sharp mati total

Perlu diketahui, ada beberapa mer tv yang tidak menggunakan resistor start, tetapi menggunakan resistor dengan jenis NTC, Anda bisa melakukan pengukuran pada komponen tersebut. Jika dirasa tidak ada kerusakan, Anda bisa langsung melakukan pengecekan pada penguat regulator jika TV tersebut menggunakan transistor.

Yang harus diperhatikan, apabila Anda sudah melakukan pengecekan diketahui komponen panel atau penguat regulatornya bermasalah atau rusak, kami sarankan jangan langsung mengganti komponen tersebut, tapi lakukan pengecekan lagi pada komponen yang langsung terhubung pada panel tersebut.

Langkah terakhir yang bisa dicoba adalah dengan resolder (penyolderan ulang) pada bagian kaki regulator dan jangan lupa periksa kabel ACnya, apakah masih tersambung atau sudah putus.

Artikel Terkait TV Sharp


Anda bisa menemukan kerusakan tv sharp lain beserta cara memperbaikinya, karena kami sudah membahas beberapa artikel yang masih berkaitan dengan masalah-masalah yang seringkali terjadi pada tv sharp, berikut ini artikel yang bisa Anda baca:

Demikian artikel singkat dengan judul cara mudah memperbaiki TV Sharp mati total, kami berharap Anda menemukan solusi yang tepat setelah membaca artikel ini, jangan lupa membagikannya jika dirasa bermanfaat, terimakasih sudah berkunjung.
Tengku Khamzah Fauzi
Tengku Khamzah Fauzi I'm passionate about Tech, Electronics, How-to-Guides, and I'm thrilled to have you here.
Gabung Forum Teknisi Indonesia Sekarang! Klik Tombol "Gabung" untuk saling berbagi pengalaman dengan Teknisi Indonesia.