Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Persamaan IC TDA 2030 atau IC Suara yang Paling Cocok

Tidak sedikit orang yang mencari persamaan IC TDA 2030 atau bisa dibilang IC suara, IC ini seringkali ditemukan pada rangkaian power amplifier. Namun sayangnya, banyak orang yang kesulitan mencari IC ini, baik itu di toko elektornik offline maupun online, sehingga cukup banyak orang yang mencari persamaannya.

Pada umumnya, IC TDA 2030 adalah IC monolitik atau produk dari ST. Microelectronics, Inc yang memang dibuat untuk dipasang pada rangkaian power amplifier frekuensi rendah atau kelas AB. IC ini biasanya mampu memberikan daya output 28V atau 14WA, pada speaker 8 atau 4 ohm dengan catudaya simetris kurang lebih 14V.

Pada artikel kali ini, kami akan memberikan beberapa data persamaan IC Suara TDA 2030 yang bisa Anda temukan di toko online ataupun offline, beberapa persamaan IC ini kami dapatkan dari beberapa sumber berbeda, berikut ini persamaan ICnya:

Persamaan IC TDA 2030 yang Cocok Sebagai Pengganti


Bagi Anda yang sedang mencari persamaan IC Audio TDA 2030, kami sudah memberikan daftarnya dibawah ini:
  • TDA 2040 (22 W)
  • TDA 2050 (35 W)
  • TDA 2003 (10 W)
  • TDA 2030 (14 W)
  • TDA 2002 (8 W)

Kelebihan IC Suara TDA 2030


persamaan ic tda 2030

Selain mengetahui persamaannya, Anda juga harus tahu beberapa kelebihan dari IC Audio ini, kami akan membahas 3 kelebihan TDA 2030 berikut ini:
  • Dilengkapi dengan sistem proteksi Thermal, artinya jika suhu kerja terlalu panas melebihi batas yang sudah ditentukan, maka secara otomatis IC ini akan protek dan tidak akan terbakar atau short. Suhu maksimum dari IC TDA 2030 adalah 150 derajat celcius.
  • Selain itu, TDA 2030A menghasilkan arus output tinggi dan memiliki cacat crosover dan harmonik yang sangat rendah, sehingga akan tetap menghasilkan kualitas audio terbaik.
  • Terakhir, IC ini hadir dengan sistem perlindungan hubungan singkat asli yang dipatenkan, terdiri dari pengaturan yang secara otomatis mampu membatasi jika ada daya yang hilang untuk menjaga agar titik kerja output tetap aman. Singkatnya, IC ini tidak akan rusak walaupun jalur output konslet.

Kenapa IC TDA 2030 Cepat Panas?


Salah satu masalah umum yang sering ketika menggunakan IC TDA 2030 adalah cepatnya panas yang dihasilkan oleh IC tersebut saat beroperasi. Beberapa faktor dapat menyebabkan IC TDA 2030 cepat panas, lalu apa sajakah penyebabnya? simak penjelasan berikut ini:

1. Beban Impedansi yang Tidak Sesuai


Jika impedansi speaker yang digunakan tidak cocok dengan impedansi output IC TDA 2030, ini dapat menyebabkan peningkatan arus yang berlebihan dan menyebabkan IC cepat panas. Impedansi yang tidak sesuai juga dapat menyebabkan refleksi daya yang tidak diinginkan kembali ke IC, sehingga menyebabkan IC TDA 2030 cepat panas.

2. Tegangan Input yang Berlebih


IC TDA 2030 memiliki batas tegangan input sesuai dengan spesifikasinya. Jika tegangan input melebihi batas ini, maka IC TDA 2030 akan terasa cepat panas. Jadi sebelum merakit menggunakan IC ini Anda harus tahu dulu spesifikasinya.

3. Kurangnya Pendinginan


IC TDA 2030 akan menghasilkan panas yang signifikan selama beroperasi, terutama jika digunakan untuk menghasilkan daya output yang besar. Jika sistem pendinginan kurang maksimal, panas yang dihasilkan tidak akan tersebar dengan baik dan dapat menyebabkan IC TDA 2030 cepat panas.

Baca juga: Persamaan IC 4558 dan Fungsinya

Nah, itulah beberapa persamaan IC TDA 2030 yang bisa Anda catat jika sewaktu-waktu sulit menemukan dari IC aslinya, beberapa persamaan tersebut dapat Anda temukan dengan mudah. Jangan lupa untuk membaca artikel menarik lainnya hanya di JandelaTV, terimakasih.
Tengku Khamzah Fauzi
Tengku Khamzah Fauzi I'm passionate about Tech, Electronics, How-to-Guides, and I'm thrilled to have you here.
Gabung Forum Teknisi Indonesia Sekarang! Klik Tombol "Gabung" untuk saling berbagi pengalaman dengan Teknisi Indonesia.