Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Fungsi Dioda Zener Pada Rangkaian Elektronika

Fungsi Dioda Zener memang tidak jauh berbeda dengan jenis yang lainnya, sebelumnya kami sudah membahas artikel mengenai jenis dan fungsi umum dari setiap dioda, karena pada dasarnya terbagi menjadi beberapa kelompok yang masing-masing memiliki kegunaan berbeda.

Menurut wikipedia, zener diode adalah komponen elektornika yang unik, karena dapat menyalurkan tegangan listrik ke arah yang berlawanan jika tegangan yang diterima  terlalu besar atau melampaui batas maksimal, Anda bisa dengan mudah menemukan jenis dioda yang satu ini pada beberapa barang elektronik, seperti mesin hp, rangkaian regulator dan lain lain.


Selain itu, salah satu komponen ini penting dan dapat dikenal dengan simbol khusus yang sebelumnya sudah kami bahas pada artikel lain, pada umumnya dioda zener memiliki beberapa fungsi diantaranya sebagai berikut:

Fungsi Dioda Zener


fungsi dioda zener

Dibawah ini ada beberapa fungsi dari zener dioda yang jarang diketahui, selain itu juga kami akan membahas ulasan tambahan yaitu mengenai bentuk dan prinsip kerja dari komponen penting yang satu ini.

Dioda Zener Membuat Tegangan Stabil


Fungsi utama dari komponen ini adalah sebagai penstabil tegangan, oleh karena itu ini adalah salah satu alasan kenapa dioda jenis ini masih dibilang berperang penting pada sebuah rangkaian elektronika.

Pada umumnya dioda zener memiliki prinsip kerja menyalurkan tegangan arus listrik ke arah yang berlawanan jika tegangan yang diterima terlalu besar atau bahkan melampaui batas maksimal, ini adalah salah satu alasan kenapa dioda zener berfungsi sebagai penstabil tegangan, tanpa komponen ini mungkin sebuah rangkaian tidak akan bisa berjalan dengan baik.

Selain itu juga, ada fungsi lain yang memang jarang diketahui yaitu sebagai pengatur tegangan baterai atau power supplay, jadi tidak heran jika Anda menemukan dioda zener pada beberapa rangkaian, karena memang salah satu komponen yang penting.

Sifat Dioda Zener


Setiap komponen pada dasarnya memiliki sifat masing masing, tidak terkecuali zener dioda, sebenarnya tidak jauh berbeda dengan jenis dioda yang lainnya, menurut wikipedia, dioda zener memiliki p juntion yang memiliki doping berat, yang memungkinkan bagian elektron dapat tembus melewati pita velensi material tipe P ke dalam konduksi material tipe N.

Baca Juga:


Diatas adalah beberapa fungsi dioda zener, pengertian dan juga sifatnya, kami harap artikel kali ini dapat bermanfaat untuk Anda dan pembaca lainnya, bagi penggemar elektronik tentunya harus mengetahui pengertian dan fungsi dasar dari setiap komponen, terimakasih sudah berkunjung dan selamat membaca artikel lainnya...
Tengku Khamzah Fauzi
Tengku Khamzah Fauzi I'm passionate about Tech, Electronics, How-to-Guides, and I'm thrilled to have you here.
Gabung Forum Teknisi Indonesia Sekarang! Klik Tombol "Gabung" untuk saling berbagi pengalaman dengan Teknisi Indonesia.