Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

TV Polytron Susah Start? Ini Solusinya

Belum lama ini kami mendapatkan masalah pada tv Polytron susah start, khususnya untuk model tabung, kerusakan seperti ini sebenarnya umum terjadi dan tergolong mudah untuk diperbaiki, kami akan membagikan pengalamannya disini.

Beberapa hari yang lalu ada pelanggan yang menghubungi kami, mereka mengatakan memiliki masalah pada tv Polytron tabung dirumahnya, mereka bilang sebelum pindah rumah tidak pernah ada masalah bahkan tv tersebut sudah berumur cukup lama.


Pengakuannya, aliran listrik dirumahnya dulu sering lemah dan semenjak pindah rumah mereka menaikkan daya, mungkin ini penyebab kenapa ketika pindah tv polytron tersebut langsung bermalasah, bisa karena tidak terbiasa dengan tegangan normal atau masalah pada komponen lainnya, berikut solusi tv Polytron susah menyala.

TV Polytron Susah Start


tv polytron susah start

Tidak hanya sering terjadi pada tv Polytron saja, masalah kerusakan standby ini biasa terjadi juga pada merk lainnya seperti Panasonic, Sharp, Sanyo dan LG, penyebabnya adalah karena ada salah satu komponen yang lemah bahkan mati, biasanya adalah Elco.

Kebetulan TV tersebut masih menggunakan dua IC, bukan IC tunggal, karena memang komponen yang rusak sedikit berbeda antara IC tunggal dan yang bukan, tetapi tetap karena ada komponen yang lemah yaitu Elco, jadi jika TV Polytron dirumah masih menggunakan IC Tunggal mungkin sedikit berbeda, tetapi permasalahannya sama.

Penyebab TV Polytron Susah Start


Penyebab umum tv Polytron susah hidup yang sering terjadi diantaranya adalah lemahnya komponen Elco yang mensupplay daya Osilator Horizontal, biasanya angka seri pada mesin tvnya adalah C507, dengan ukuran 43uF / 63 volt atau 10uF / 63 volt.

Anda bisa mengukur elco tersebut menggunakan multitester, jika saat pengukuran ternyata sudah mati atau lemah, Anda harus menggantinya dengan yang normal dan kami sarankan mengganti dengan ukuran yang lebih besar, agar kerusakan ini tidak terulang lagi.

Setelah kami melakukan pengecekan ternyata memang benar elco 507 memang sudah drop, langsung saja kami ganti dengan ukuran yang lebih besar, dan akhirnya tv polytron tersebut tidak susah start lagi.

Baca Juga: 


Akhir Kata


Demikian solusi TV Polytron susah start, kami harap Anda bisa memperbaikinya setelah membaca artikel ini, jangan lupa untuk membaca artikel menarik lainnya hanya disini, atas kunjungan dan dukungannya kami ucapkan terimakasih.
Tengku Khamzah Fauzi
Tengku Khamzah Fauzi I'm passionate about Tech, Electronics, How-to-Guides, and I'm thrilled to have you here.
Gabung Forum Teknisi Indonesia Sekarang! Klik Tombol "Gabung" untuk saling berbagi pengalaman dengan Teknisi Indonesia.